Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » , , » Jalur Puncak II dari Kawasan Sirkuit Sentul Tembus ke Istana Cipanas

Jalur Puncak II dari Kawasan Sirkuit Sentul Tembus ke Istana Cipanas

Posted by Jalur Puncak 2 on Wednesday, October 29, 2014

Jakarta -Jalur Puncak II dibangun untuk jalan alternatif ke kawasan Puncak, Bogor hingga Cianjur, Jawa Barat. Padatnya lalu lintas di Puncak Lama membuat kawasan ini membutuhkan infrastruktur baru.

Kepala Balai Jalan Nasional IV Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Bambang Hartadi mengatakan jalur yang akan dibangun akan membentang kurang lebih 48 km. Urutannya dari Sirkuit Sentul (Bogor)-Babakan Madang-Hambalang- Sukmamakmur-Pacet Istana Cipanas (Cianjur), Jawa Barat.

"Dari Sentul sirkut (Bogor) ke kanan (Jl Sentul Raya), lalu ada jembatan rangka baja, lalu belok melipir di lapangan golf Palm Hill Golf Sentul, hingga ke kota bunga, tembus ke Istana Cipanas (Cianjur)," kata Bambang kepadadetikFinance, Senin (2/6/2014)

Di kawasan Sentul, jalur Puncak II bisa terhubung dengan Tol Jagorawi dan Jalan Alternatif Sentul yang terhubung dengan Jalan Raya Bogor.

Bambang mengatakan ide pembangunan proyek ini berasal dari inisiatif Provinsi Jawa Barat. Pada 2011, Gubernur Jawa Barat menggagas pembangunan puncak II karena jalur puncak lama sudah sangat padat dan kerap macet. Ide ini disetujui oleh Presiden SBY pada waktu itu.

"Pak SBY pernah mau rapat di Cipanas kena macet walaupun sudah pakai voorijder," katanya.

Ia mengatakan jalur puncak lama bisa saja diperluas untuk mengurangi kepadatan kendaraan. Namun risiko pembebasan lahan yang sangat mahal di kawasan itu, dan beberapa titik jalur puncak lama berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

"Mungkin saja dilebarkan saja, cuma harga tanah sudah tinggi," katanya.
(hen/ang) 


sumber: detik.com

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Jalur Puncak 2. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger