Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » , , » Ini Perkembangan Proyek Jalur Puncak II

Ini Perkembangan Proyek Jalur Puncak II

Posted by Jalur Puncak 2 on Wednesday, October 29, 2014

Jakarta -Pihak Kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah membuka lahan sepanjang 12 km terkait proyek pembangunan jalur puncak II, Jawa Barat. Realisasi ini kurang lebih 25% dari total panjang jalur puncak II yang mencapai 48 km.

"Belum full, tanah belum bebas semua. Dari 48 km, yang sudah kami buka 12 km, mencakup cut and fill dan ada yang sudah diaspal," katanya Kepala Balai Jalan Nasional IV Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Bambang Hartadi kepada detikFinance, Senin (2/6/2014)

Ia mengatakana dari tanah yang sudah dibuka, hanya 3,5 km jalan yang sudah diaspal. Pengaspalan ini hanya untuk melakukan pelapisan pelindung terhadap jalur yang sudah dibebaskan. Tahun ini pihaknya menganggarkan Rp 5 miliar untuk melanjutkan pengaspalan dari rute yang sudah ada.

"3,5 km sudah diaspal untuk memproteksi tanah yang sudah dibebaskan," katanya.

Bambang mengatakan untuk membuka lahan sepanjang 12 km tak mudah, karena banyak tantangan geografis. Ia mencontohkan di beberapa titik, kontur tanahnya sangat terjal, sehingga jika tidak dipangkas akan menyulitkan kendaraan yang akan menggunakan jalur tersebut.

"Tahun 2012 anggaran Rp 40 miliar dan 2013 Rp 30 miliar untuk membuka lahan. Tantangannya ada gunung batu yang harus di-blasting (diledakkan), karena tanjakan, sekarang kita landaikan lagi," katanya.

Untuk bisa menuntaskan pengerjaan jalan hingga 48 km, pihaknya masih menunggu kepastian soal seluruh status lahannya. Mayoritas lokasi merupakan lahan di bawah kekuasaan Pemerintah Kabupaten Bogor, termasuk lahan berasal dari hibah para pengusaha.

"Sikap pemerintah mau kepastian dulu, supaya menyeluruh. Tanah itu belum jelas, daripada nanti kita sudah bangun lalu diklaim oleh swasta," kata

Seperti diketahui pembangunan melibatkan kerja sama pemerintah provinsi Jawa Barat dengan pemerintah pusat. Pihak Provinsi meminta Kabupaten Bogor membebaskan lahan, sedangkan pusat bertugas membangun jalan dengan biaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.
(hen/ang) 

sumber: detik.com

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Jalur Puncak 2. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger