Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » , , » Bogor Minta Pemprov Jabar Naikkan Dana Pembangunan untuk Jalur Puncak II

Bogor Minta Pemprov Jabar Naikkan Dana Pembangunan untuk Jalur Puncak II

Posted by Jalur Puncak 2 on Wednesday, October 29, 2014

Plt Bupati Bogor Nurhayanti (Foto: Farhan/detikcom)
Bogor - Jalur Puncak II yang menghubungkan antara Kabupaten Bogor-Cianjur via Babakanmadang, Sukamakmur, Tanjungsari dan menembus Kota Bunga, Cipanas, ditargetkan rampung pada tahun 2018. Pembangunan jalan sepanjang 47 km tersebut saat ini masih terkendala dengan lahan milik Perhutani seluas 5 km.

"Soal pembebasan lahan tidak ada masalah, karena seluruh lahan yang akan digunakan untuk jalur Puncak II itu adalah tanah hibah dari para pengusaha sekitar. Kecuali lahan milik Perhutani, saat ini masih terkendala. Ada lahan Perhutani seluas 5 kilometer yang terkena proyek jalur Puncak II," kata Plt Bupati Bogor, Nurhayanti, di Hotel Safari Garden, Bogor, Selasa (30/9/2014).

Proses pembangunan, kata Nurhayanti, terus mendapat dukungan dana dari Pemerintah Pusat melalui Provinsi Jawa Barat. Sejak dua tahun lalu, Pemkab Bogor mendapat bantuan dana sebesar Rp 40 miliar. Namun, dana sebesar itu dianggap kurang karena biaya yang dibutuhkan untuk proyek Jalur Puncak II setiap tahunnya mencapai Rp 800 miliar. 

"Artinya sekarang kita akan mendorong pihak provinsi agar bisa memberikan dana yang lebih besar. Agar cepat rampung, karena Jalur Puncak II itu jalan strategis kewilayahan. Kalau Rp 40 miliar setiap tahun, saya rasa itu sedikit ya," kata Nurhayanti.

Selain Jalur Puncak II, sambung Nurhayanti, beberapa ruas jalan yang saat ini tengah dalam proses pembangunan ditargetkan ikut rampung tahun 2018. Pemkab Bogor tengah membangun jalan baru di kawasan timur, barat dan tengah Kabupaten Bogor. 

"Contohnya, yang sekarang sedang berjalan itu sedang kita bangun jalur poros tengah, yang mengubungkan jalur primer, antara Bogor-Cibinong-Jakarta dengan Jakarta-Parung-Bogor. Jalur ini nantinya dapat diakses melalui jalan Tegar Beriman, sekarang prosesnya masih pembebasan lahan," tutupnya.


sumber: detik.com

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Jalur Puncak 2. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger